Selasa, 13 Oktober 2009

Laptop murah Acer dan Eee Pc


Fino Yurio Kristo - detikinet

Acer Ferrari (cricava)
Taipei - Seperti pernah diberitakan sebelumnya, Acer akhirnya memastikan untuk menjelajah pasaran laptop murah. Produsen komputer terbesar ketiga dunia ini tampaknya gregetan mengamati pesaingnya yang juga asal Taiwan, Asus, sukses merilis laptop murah, Eee PC.

Chairman Acer, Wang Jen-teng mengatakan bahwa terdapat pasar menggiurkan untuk komputer murah dan komputer ultra mobile. Acer pun berencana merilis laptop berharga murah seperti itu pada kuartal kedua atau ketiga di tahun 2008 ini.

Acer sebenarnya pernah mengesampingkan ide untuk membuat laptop murah ketika lembaga OLPC (One Laptop Per Child) mengagas hal ini beberapa saat lalu dengan menyasar anak-anak di negara miskin. Namun, Acer kemudian berubah pikiran setelah Asus merilis Eee PC yang ternyata mendapat sambutan besar.

Seperti dikutip detikINET dari Financial Times, Kamis (14/2/2008), Eee PC dari Asus menjadi produk pertama dalam pasaran laptop murah yang didistribusikan melalui jalur komersial. Dalam peluncurannya, Asus menyatakan bahwa Eee PC menarget konsumen di negara berkembang yang belum punya komputer.

Namun, Eee PC ternyata juga menarik segmen konsumen yang membeli Eee PC sebagai komputer kedua mereka. Produk tersebut pun laris manis, terjual 300.000 unit dalam dua bulan pertama saja. Alwin Knock, analis komputer di JP Morgan memprediksi bahwa segmen sub-notebook seperti ini nantinya akan menguasai pangsa pasar pengapalan laptop dunia sampai 20 persen.
( fyk / fyk )

Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar